10 Tips kenalan dengan orang baru

Selamat datang kembali di artikel terbaru gue wahai para-para makhluk astral dimanapun kalian berada.
Akhir-akhir ini gue sering ditanyain temen-temen tentang gimana sih cara kenalan buat pertama kali sama wanita. Gue akui sih, gue juga beberapa tahun yang lalu masih tidak ubahnya seperti kalian sekarang ini, yang merasa takut mendekati wanita dan penyakit lainnya, seperti :

• Takut ditolak
• Takut dicuekin
• Takut kurang ganteng
• Takut salah ngomong
• Takut ada cowoknya
• Takut malu dilihat orang
• Takut digigit anjin, Macem-macemlah pokoknya

Dan berbagai perasaan takut lainnya bermunculan dalam pikiran gue saat itu, sehingga yang gue lakuin hanya berfikir dan berfikir.

Sekarang gue tanya, dalam hidup kalian pasti pernah hadir di acara kumpul-kumpul kan.? baik itu dalam acara bernuansa formal maupun santai. Seperti, pesta ulang tahun teman,workshop, seminar, pelatihan, hajatan keluarganya pacar, acara kantor, reunian mantan dsb.
Diantara itu semua pasti ada salah satu yang pernah kalian hadiri kan.

Nah, Di acara kumpul-kumpul ini biasanya kalian harus memperkenalkan diri ke orang baru, terutama kalau kalian datang sendiri dan nggak kenal siapa-siapa.

Masalahnya, bagi sebagian orang, memperkenalkan diri adalah hal yang beraaaat banget, Kaya ngangkat beban satu ton..(Widiiihh), Apalagi bagi mereka yang punya sifat introvert. Padahal memperkenalkan diri dengan baik adalah langkah pertama dalam menjalin hubungan pertemanan, lho.
Dan seperti yang pasti sering kalian dengar, hubungan pertemanan itu penting untuk membuka kesempatan-kesempatan berharga.

Makanya, kali ini gue mau ngasih tips kreatif untuk memperkenalkan diri kepada orang baru. Siapa tahu bisa membantu kalian memberikan kesan pertama yang tak terlupakan.! Eeaaaakkk *Benerin poni*

1.Buat name tag dengan tulisan seperti "Saya pemalu, silakan sapa saya lebih dulu" atau pakai cara ke dua yang paling gampang dan pastinya menarik perhatian banget!
Minsalnya,

2.Buat nama panggilan yang mudah diingat.

Kalau nama kalian terlalu panjang atau terlalu sulit diucapkan seperti Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemubwem Osas lebih baik gak usah kenalan, nanti kalian malah dikira lagi ngomong sama dunia lain.

Jadi sebaiknya perkenalkan diri kalian dengan nama panggilan saja, Kalaupun itu nama panggilan susah diingat, buat dulu deh nama panggilan yang singkat dan terdengar asik. Saat kenalan dengan orang baru, kalian juga bisa sekalian menceritakan kisah dibalik nama panggilan itu, lho.
Misalnya,Bikin aja nama panggilan "Ay" cuma dua huruf doang.
Menurut gue itu adalah nama panggilan yang bisa kalian pakai buat kenalan sama siapapun (kecuali kenalan sesama jenis) pokoknya jangan deh, bahaya.

3.Rangkailah kalimat pertama yang menarik dan membuat kamu terdengar unik. Contohnya seperti :
"Hy nama gue Agus. Gue besar di jakarta, tetapi gue lahir di uzbekistan. Di sana, kalau ada reunian mantan pestanya meriah banget, lho! Sampai potong kerbau segala!” gue yakin dengan cara seperti ini pasti langsung jadi bahan percakapan yang menarik.

4.Kaitkan diri kalian dengan hal yang dikenal orang banyak, Misalnya :
Nah, Apa yang ada di pikiran kalian setelah melihat gambar ini.?.......
(Sama, gue juga).

5.Jujur aja kalau kalian canggung

Jujur tentang kegugupan kalian dengan kenalan baru kadang bisa bikin keadaan jadi cair, lho.
Plus, kalian juga jadinya lebih lega. Coba deh, sapa seseorang yang kira-kira juga datang sendirian, dan bilang bahwa kalian nggak kenal siapapun di acara itu, sehingga kalian merasa agak awkward. Siapa tahu lawan bicara kalian juga merasakan hal yang sama?

6.Ekspresikan diri kalian lewat pakaian

Cara berpakaian kalian pastinya mencerminkan karakter, maka cobalah kombinasikan dress code acara yang kalian hadiri dengan kepribadian kalian sendiri.
Misalnya, walaupun harus datang ke acara yang dress code-nya batik, kalian tetap bisa memakai scarf, topi, sepatu unik, jaket, atau fashion item apapun yang “Lu banget dah pokoknya”. Kenapa? Karena hal ini bikin orang lain lebih mudah mengingat kalian.

7.Buat kartu nama yang seru

Bentuk kartu nama, biasanya standar banget. Isinya hanya informasi nama, alamat, dan nomor telepon, dengan bentuk yang selalu persegi dan warna yang selalu netral. Bosan, ah! Nah, coba gali ide lewat contoh-contoh kartu nama unik ini, lalu buat kartu nama serumu sendiri.
Dengan memberikan kartu nama yang unik saat berkenalan dengan orang baru, kalian akan memberi kesan yang “segar”. Kartu nama yang unik juga bikin kalian selalu diingat, meskipun kalian bukan orang yang ramai.

8.Perhatikan detil pada lawan bicara

Nggak tahu mau ngobrol soal apa sama kenalan baru kalian? Perhatikan aja hal-hal detil di dirinya. Misalnya, puji jaket atau topinya, tanya beli dimana, atau tanya dia tadi datang naik apa. Kalau lawan bicara kalian menggunakan transportasi Gojek, misalnya, kalian jadi bisa ngobrolin tentang serba-serbi Gojek, tarif gojek dsb

9.Kasih kesempatan kepada lawan bicara

Saat ngobrol dengan kenalan baru, it’s good to tell about yourself, but not too much.! Kalian boleh bercerita tentang diri kalian sendiri, tetapi jangan bablas sampai lupa bertanya ke lawan bicara. Kasih dia kesempatan berbicara dan jadilah pendengar yang baik. Jangan sampai kalian dikira self-centered alias cuma mau ngomongin diri sendiri, ah! Dan kalau mau nanya-nanya, pertanyaan kalian pun harus sopan, ya. Jangan nanya soal hal-hal pribadi, lho.

10.Mutual friend adalah kunci untuk mencairkan suasana

Contohnya : "Elo kenal Agus yang Ketua Senat Fakultas Seni, nggak?”. Saat kenalan dengan orang baru, kalimat seperti ini biasanya jadi andalan banget untuk mencairkan suasana. Menurut penelitian, mempunyai teman yang sama alias mutual friend dengan kenalan baru memang bikin kita jadi merasa punya lingkungan yang sama. Secara psikologis, hal ini akan membuat kenalan baru kalian jadi lebih akrab. Asal jangan jadi kelewat akrab dan kalian jadi malah nggosipin teman kalian itu ya, Harom!

Nah itu tadi tips kenalan dari gue yang harus kalian coba dimanapun kalian berada.
Semoga bermanfaat, Terima kasih :))

No comments

Powered by Blogger.