NO COFFEE NO HAPPY


“Mbak, saya pesan kopi, pisahkan pahitnya ya”, pintaku.
  
“Hidup, tak boleh memilih rasa nyeri”, jawabnya, menjauh pergi.

“Baiklah, satu cangkir saja, kopi tanpa gula, agar pahitnya membuat luka makin dewasa”, jawabku, sambil menatap daftar menu di atas meja itu.

“Pesan saja kopi yang kamu mau, siapa tahu pada teguk terakhir kopimu, luka menemukan takdir yang ia mau”, pelayan cafe itu menceramahiku.

“Seperti apa kau tahu tentang rasa sakitku, apakah sebaik pengetahuanmu tentang rasa pahit kopiku?”, kataku, sambil menghisap rokok.

“Minum saja kopimu, jangan kau habiskan waktumu dengan bertanya padaku. Rasa pahit, dan juga rasa sakit, memiliki deadline sendiri-sendiri”, katanya, malu-malu sambil menatapku.

“Terima kasih, Mbak, telah memberi rasa pahit pada kopiku. Boleh minta nomor teleponmu, nanti kutelepon kalau aku sudah bisa melupakan rasa sakitku”, pintaku, ragu-ragu.

“Tak perlu menghubungiku. Sebab, saat kau telah melupakan rasa sakitmu, aku tak lagi menjadi pelayan di cafe ini”, jawabnya, sendu.

Lalu..Kutinggalkan tempat itu pelan-pelan, ada yang menetes perlahan-lahan; mungkin rasa pahit, mungkin kesedihan. Kubaca sebuah pesan pada bon yang baru saja aku bayarkan: “Selain Kopi, Tak Ada Lagi masalah yang Tak Menyakiti”.

No comments

Powered by Blogger.