Tips Berhemat Anak kos Paling Ekstrem


Salam sejahtera buat anak kos di seluruh dunia (ketjup satu2)..!!
Baiklah disini gue bakal ngasih tips berhemat buat kalian anak kos yang kantongnya sering kebobolan pas akhir bulan.

Quote:
Anak kos (Khususnya mahasiswa), Pasti kebanyakan anak rantau yang kata ngetrend nya sering kita sebut mahasiswa rantau. Kira2 penampakan mereka seperti ini.


Nah, buat kalian anak kos pasti pernah ngerasain penyakit KANKER alias Kantong Kering, biasanya penyakit ini sering datang pas akhir bulan. Entahlah, penyakit ini sepertinya sudah familiar sekali buat anak kos."Mohon bersabar ini ujian"
Walaupun kiriman bulanan terkadang sering berlebih, namun selalu saja terasa kurang bagi seorang anak kos, mungkin karena merasa duit yang didapat tiap bulan bukan hasil keringat sendiri. Namun ini tidak selalu seperti itu, Diluar sana juga banyak anak kos yang berusaha bekerja keras membanting tulang demi membiayai kuliahnya sendiri, anak kos yang seperti ini gue akuin dia "Suhu".

Oke, Biar gue gak di bilang cerewet kita langsung saja ke topik utama, Disini gue bakal ngasih tips berhemat buat kalian anak kos dimanapun kalian berada.
Nih gue kasih tau caranya, Silahkan di simak baik-baik

Spoiler for Pertama:
1. Kebutuhan Bulanan.
Telah menjadi rutinitas bulanan berbelanja ke supermarket maupun swalayan terdekat untuk membeli kebutuhan bulanan seperti pasta gigi, sabun mandi, tisu, sabun cuci, aqua galon, kulkas, mesin cuci dll. Dalam membeli kebutuhan bulanan hal yang sangat perlu diperhatikan adalah harga barang, sebelum membeli buatlah daftar list barang apa saja yang ingin di beli dan berapa target duit yang akan dikeluarkan, hal ini dimaksudkan agar kegiatan belanja lebih terfokus, sehingga kebutuhan-kebutuhan yang kurang perlu dapat kita handle dulu. Selain itu masalah harga pun perlu di pertimbangkan, untuk apa membeli tisu dengan harga mahal kalau cuman buat bersihin noda membandel, atau buat apa kita beli sabun mandi cair kalau masih ada sabun batangan yang lebih murah, Betul.!?

Spoiler for Kedua:
2. Hair Style
Lho.! Apa hubungannya dengan rambut.? Hubungannya dengan berhemat apa.? Tenang, Jangan panik dulu. Coba kalian lihat dan perhatikan, gaya rambut juga berpengaruh terhadap pengeluaran. Gaya rambut gondrong apalagi kribo menjulang seperti menara eifel akan sangat membutuhkan shampo dalam intensitas lebih tinggi dibandingkan dengan model rambut cepak ataupun botak. Sehingga satu minggu saja shampo botolan di kamar mandi sudah habis, belum lagi kutu dan masalah kebesihannya, pasti disini kalian bakal ngeluarin duit lebih untuk membeli obat pembasmi kutu. Menurut gue gaya rambut agak botak atau istilah kerennya cepak keliatan lebih rapi dan intelectual looking serta membantu dalam menghemat biaya untuk membeli shampo dan perawatan rambut, tidak usah khawatir akan masalah kutu soalnya kutunya keliatan jadi bisa di tangkap..Betul.!?

Spoiler for Ketiga:
3. Mandi
Mandi.? Lho.! Kok jadi larinya ke mandi sih.? Apa hubunganya.? Tenang.! Jangan banting perkakas rumah dulu.
Disini mandi berhubungan dengan sabun, dan sabun berhubungan dengan pengeluaran, semakin banyak kita mandi semakin banyak pula intensitas sabun yang di keluarkan. Betul.!?
Disini gue sering melihat kebiasaan anak kos yang males mandi, apalagi sedang liburan atau sedang tidak ada kegiatan kuliah, mungkin seharian badan tidak akan menyentuh air. Gue pikir itu adalah salah satu cara berhemat yang paling jorok.
Note : (Jangan ditiru) bisa bisa kalian bakalan jomblo seumur hidup.

Spoiler for Keempat:
4. Transportasi
Jalan-jalan mungkin perlu, buat refreshing otak yang udah ngadat gara² tugas kuliah yang numpuk. Namun kalau setiap hari tentu memerlukan ongkos bensin dan biaya jajan yang lumayan banyak, Kecuali kalau kalian jalan-jalannya pakai kuda.
Anak kos yang jalan kaki atau naik sepeda tentunya lebih hemat dibandingkan dengan anak kos yang menggunakan sepeda motor dari segi transportasi.

Spoiler for Kelima:
5. Makan
Jika kita lihat dari hadistnya Rasulullah “Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”. menurut gue itu juga merupakan salah satu langkah dalam penghematan. Gue sering bertanya kepada teman-teman, berapakalikah mereka makan dalam satu hari, ada yang menjawab dua kali, ada juga yang menjawab tiga kali, ada pula yang menjawab jika lapar saja. Dan ada pula yang menjawab tidak ada sama sekali. (Setelah saya selidiki yang satu ini memang dia lagi puasa).
Tentu saja makan dua kali akan lebih hemat daripada makan tiga kali, kalau makan jikalau lapar sebenarnya relatif, tapi kalau setiap jam laper ini gue berkemungkinan anak kos yang lagi kesurupan dedemit, kan kalau gitu jadinya boros. Betul.!?

Nah, itu dia tadi sekilas tips berhemat untuk anak kos yang ada di seluruh dunia, semoga tips ini dapat bermanfaat buat semuanya. Amin

No comments

Powered by Blogger.